NEWS UPDATE

Jenesys 2.0 , 97 mahasisiwa Berangkat ke Jepang

Jenesys 2.0 , 97 mahasisiwa Berangkat ke Jepang

Jakarta, Kominfo - Selama sepekan, 97 mahasisiwa dari 46 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia, mengikuti program Pertukaran Siswa dan Pemuda Jepang-Asia Timur Abad ke 21 (JENESYS 2.0). Mereka ditempatkan di  empat prefectur (provinsi) di Jepang.

 

"Selama kunjungan di empat Prefektur tersebut, mahasiswa dibagi dalam empat kelompok dengan masing-masing anggota 25 orang didampingi dua koordinator dari Jepang International Cooperation Center (JICE) serta seorang supervisior dari Kementerian Komunikasi dan Informatika," ujar Ketua Delegasi Study Banding Mahasiswa Indonesia Hypolitus Layanan, yang juga menjabat Kasubdit Media Online, Dit PMP Kemkominfo, melalui keterangan tertulisnya, Minggu(1/3).

 

Terkait kegiatan yang difasilitasi Kementerian Luar Negeri Jepang melalui Yayasan Jepang Internasional Cooperation Center (JICE) ini,  Hypolitus  menjelaskan program difokuskan pada Mass Media 11th Batch-Indonesia tersebut berlangsung dari 23 Februari hingga 3 Maret  2015. Dalam perekruitan pertukaran Mahasiswa Indonesia ini, Pemerintah Jepang memberikan kepercayaan kepada Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika selaku Penanggung jawab dalam melakukan seleksi bagi perserta,  sekaligus sebagai supervisi bagi peserta selama di Negeri Sakura tersebut.

 

Adapun Supervisor Kelompok A di Prefectur Nara yaitu Junaria Ginting, Kelompok B di Prefecttur Kobe, sebagai supervisor Rina Alexandra Salim, Kelpmpok C di  Prefectur Okayama sebagai supervisor   Hypolitus Layanan, serta Kelompok D di Prefectur Matsuyama dengan supervisor Dewi Rahmarini.

 

Tujuan Program JENESYS2.0, dalam rangka pengenalan tentang kehidupan masyarakat,  budaya dan kemajuan teknologi Jepang dalam semua aspek, sesuai slogan JICE, yaitu “Pengetahuan, Menghubungkan Dunia, Menghubungkan masa Depan”.

 

Sehari sebelum kembali ke Jakarta, pada tanggal 2 Maret 2015 di Narita, Tokyo, peserta  mengikuti Workshop dalam rangka mempresentasikan hasil kegiatan kepada perwakilan Kementerian Luar Negeri Jepang, Panitia Pelaksana Program serta organisasi  terkait tentang semua kegiatan selama di di empat prefektur tersebut serta rencana tindadak lanjut berupa promosi tentang Jepang setelah membali ke tanah air.

 

Hypo menambahkan selama di empat kota tersebut Kelompok A telah melakukan kunjngan ke Kastil Osaka, Kantor Pemerintah Prefektur Nara, Higashimuki Shopping Arcade, Kuil Todai- ji, serta program interaksi dengan mahasiswa di  Nara Women University.

 

Selain itu,  Kelompok  B telah melakukan  kunjungan ke  Minatogawa Jinja, Disaster Reduction and Humas Renovation Institusion (pencegahan bencana) , Kobe Shimbun-sha, Sannomiya Center Street (Budaya Populer), Pusat Industri lokal Kinetsu Delica Food Inc tempat pembutaan Chikuwa, Kanaboko serta melakukan interaksi dengan mahasiswa di Kwansei Gakuin University.

 

Sedangkan kegiatan Kelompok  C meliput kunjungan kehormatan ke Kantor Pemerintah Prefektur Okayama, Surat Kabar The Sanyo Shimbun, Taman Korakuen yang dibangun sejak zaman Edo dan Kastil Okayama, kunjungan ke Pusat Insudtri Mizushima, Mitsubishi Motors Corporation,  Okayama  Universitiy of Science.   Sementara Kelompok  berkunjung ke Nankai Broadcasting Co. Ltd, SuratKabar  The Ehime Shimbun Co. Ltd, kunjungan kehormatan ke Kantor Pemerintah Prefectur Ehime,  Kastil Matsuyama serta melakukan interaksi dengan mahasiswa  Emime Unversity.(yura)

3 Komentar

  1. How do you get rid of Achilles tendonitis?
    How do you get rid of Achilles tendonitis?
    22 Juli 2017 - 10:51:59 WIB

    Hi, Neat post. There's a problem together with your
    web site in internet explorer, could check this?
    IE still is the marketplace leader and a big component
    of folks will miss your excellent writing because of
    this problem.

  1. Bradly
    Bradly
    27 September 2017 - 15:48:55 WIB

    I enjoy your support for Residence Style Furniture.

  1. Cara Pemesanan Gamat Emas Kapsul
    Cara Pemesanan Gamat Emas Kapsul
    13 Oktober 2017 - 14:37:22 WIB
Tulis Komentar