NEWS UPDATE

Orang yang Beriman Kondisi Fisik dan Mentalnya Lebih Sehat

Orang yang Beriman Kondisi Fisik dan Mentalnya Lebih Sehat

Orang yang beriman disayang Tuhan, mungkin itulah sebabnya kemudian orang yang beriman juga memiliki kondisi kesehatan yang baik. Nyatanya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki keyakinan dan keimanan yang teguh juga memiliki kondisi fisik yang lebih prima.

"Keyakinan terhadap agama bisa mengurangi stres, depresi, dan meningkatkan kualitas hidup," kata Dr Harold G. Koenig, profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Duke University Medical Center seperti dilansir Medpagetoday.com, Minggu (19/8/2012).

Data sebuah penelitian yang dimuat American Journal of Health Promotion tahun 2005 menyimpulkan bahwa orang yang banyak berdoa lebih banyak mendapat manfaat kesehatan dengan cara menerapkan perilaku yang sehat, menjalankan antisipasi terhadap penyakit dan lebih puas terhadap pelayanan kesehatan.

Sebuah penelitian tahun 2006 yang dimuat British Medical Journal juga menemukan bahwa kehadiran dalam sebuah acara keagamaan ternyata berkaitan dengan penurunan risiko penyakit menular.

Menurut Koenig, adanya keyakinan beragama dan kegiatan spiritual berhubungan dengan risiko penyakit atau gangguan kesehatan yang lebih rendah, misalnya stres, penyakit kardiovaskular, tekanan darah, reaktivitas kardiovaskular, gangguan metabolisme serta dapat menjamin keberhasilan operasi jantung. Namun di sisi lain, Koenig juga memperingatkan bahwa cara kerja Tuhan ini tidak dapat diukur dengan cara dan metode apapun.

"Saya percaya bahwa doa efektif, tapi tidak berfungsi secara ilmiah dan tidak dapat diprediksi. Tidak ada alasan ilmiah atau teologis atas setiap efek dari keyakinan yang dapat dipelajari atau didokumentasi, seolah-olah Tuhan adalah bagian dari alam semesta yang dapat diprediksi. Ilmu pengetahuan tidak dirancang untuk membuktikan hal-hal yang supranatural," kata Koenig.

Selain itu, keyakinan terhadap agama juga telah dikaitkan dengan umur panjang, perkembangan penyakit kognitif yang lebih lambat dan penuaan yang sehat. Senada dengan Koenig, dr Robert A. Hummer, profesor sosiologi di University of Texas di Austin yang berfokus pada hubungan antara agama dan rendahnya risiko kematian juga memiliki pendapat yang sama.

Hummer merujuk sebuah penelitian yang melacak beberapa orang berusia 51 - 61 tahun selama 8 tahun untuk mendokumentasikan tingkat ketahanan hidupnya. Penelitian tersebut menemukan bahwa peserta yang tidak menghadiri acara keagamaan sama sekali memiliki kemungkinan 64 persen lebih tinggi mengalami kematian dibandingkan orang yang sering beribadah.

6 Komentar

  1. Obat Tuberkulosis Alami Terbaik
    Obat Tuberkulosis Alami Terbaik
    27 November 2016 - 11:28:41 WIB
  1. BHW
    BHW
    16 April 2017 - 11:52:46 WIB

    Hi! I could have sworn I've visited this site before but after
    looking at a few of the posts I realized
    it's new to me. Nonetheless, I'm certainly happy I came
    across it and I'll be bookmarking it and checking back
    frequently!

  1. http://janet3clements3.jimdo.com/2015/04/29/how-to-calculate-true-leg-length-discrepancy
    http://janet3clements3.jimdo.com/2015/04/29/how-to-calculate-true-leg-length-discrepancy
    29 April 2017 - 17:23:19 WIB

    Glad to be one of several visitants on this awing internet site :D.

  1. donaldgood42.snack.ws
    donaldgood42.snack.ws
    01 Mei 2017 - 12:37:02 WIB

    Sweet blog! I found it while surfing around on Yahoo News.
    Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I've been trying for a while but I never seem to get there!
    Thanks

  1. manicure
    manicure
    03 Mei 2017 - 18:53:30 WIB

    Heya i'm for the first time here. I came across this board and I
    find It truly helpful & it helped me out a lot. I am hoping to give one thing back and help others like you aided me.

  1. http://handsomecommuni56.snack.ws/
    http://handsomecommuni56.snack.ws/
    07 Mei 2017 - 21:04:10 WIB

    Inspiring story there. What happened after? Take care!

Tulis Komentar